Gbr : statushukum.com |
ADMINISTRASI (SURAT MENYURAT)
PENGERTIAN
- Administrasi dalam arti luas, adalah semua pekerjaan, kegiatan dan usaha-usaha di dalam organisasi .
- Administrasi dalam arti terbatas (sempit) ialah meliputi penataan dan penertiban secara tertulis dan ketentuan yaitu kegiatan-kegiatan dalam suatu organisasi.
FUNGSI
Admnistrasi berfungsi
:
- Untuk melaksanakan pengawasan, untuk semua pekerjaan harus dilakukan menurut ketentuan yang tetap.
- Sebagai pedoman pokok yang harus dilaksanakan untuk ditetapkan di lingkungan Organisasi.
PENGGOLONGAN ADMINISTRASI
Untuk mencapai tujuan,
maka hal-hal yang berkaitan dengan tulis menulis, maka di golongkan sebagai
berikut :
1)
Catatan
2)
Laporan
3)
Perencanaan, rencana dan program
4)
Keputusan
5)
Surat menyurat
SURAT MENYURAT
- Surat adalah suatu alat penyampaian berita secara tertulis yang berisi pemberitahuan, pernyataan permintaan dan lain-lain kepada pihak lain.
- Surat menyurat adalah kegiatan pengendalian arus berita baik tertulis maupun lisan yang timbul dari adanya pencatatan, laporan, perencanaan atau program dan keputusan yang memungkinkan adanya permintaan penjelasan penambahan kekurangan-kekurangan atau perubahan-perubahan.
- Cara penomoran surat ( Tanyakan pada Pembina/Senior dalam organisasi yang anda ikuti )
NB
: Cara penomoran surat setiap organisasi berbeda-beda
e. Susunan
surat dapat dibagi dalam 3 (tiga) bagian yaitu :
1)
Kepala surat, yang terdiri dari :
a. Nama
organisasi/kesatuan
b. Tempat,
Tanggal, Bulan dan Tahun
c. Nomor
d. Klasifikasi
(sifat)
e. Lampiran
g. Alamat
h. u.p (untuk
perhatian), apabila perlu
2)
Isi surat, terdiri dari :
a. Pendahuluan
b. Uraian/maksud
c. Kalimat penutup
3)
Penutup surat, terdiri dari :
a. Nama Jabatan
b. Tanda Tangan
c. Nama Pejabat
d. Cap atau
stempel
e. Tembusan
f. Surat
menyurat dibagi dalam 2 (dua) macam yaitu :
1)
SURAT MASUK, ialah semua tulisan-tulisan atau berita-berita yang diterima dari
instansi/pihak lain, yang penerimaannya dipusatkan di sekretariat atau bagian
lain yang diberi wewenang untuk tugas itu.
2)
SURAT KELUAR, ialah semua tulisan-tulisan yang dikirimkan kepada instansi/pihak
lain, yang setiap konsep untuk diajukan kepada pimpinan disalurkan melalui
Kepada Sekretariat/Sekretaris atau pejabat yang diberi wewenang meneliti.
ADMINISTRASI YANG
DIPERLUKAN DI ORGANISASI :
- Buku presensi
- Buku iuran
- Buku kas
- Buku riwayat
- Buku acara latihan/rapat dan notulen
- Log book
- Buku agenda
- Buku catatan
- Buku inventaris regu
Buku-buku tersebut
masih dapat ditambah lagi apabila memungkinkan untuk diadakan.
Untuk selengkapnya
Download E-book Administrasi.pdf Via : 4Shared
Tidak ada komentar:
Posting Komentar